Sehubungan di awal Perkuliahan pada
Program Studi Teknik Informatika diberikan Tugas untuk menjelaskan
tentang apa itu Teknik Informatika maka saya membuat Karya Tulis sebagai
Makalah Tentang Teknik Informatika. Berikut Susunannya :
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejarah Komputer dan Perkembangan Teknik Informatika
Komputer adalah sebuah fenomena yang
luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan
adanya teknik informatika. Sejarah komputer bisa kita runut kembali dari
3000 SM. Pada saat itu alat menghitung sudah ada di Cina, yaitu sebuah
sempoa yang tebuat dari kayu dan butiran-butiran. Kemudian, pada tahun
1623 seorang ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Schikard menciptakan mesin
hitung yang bisa, menambah, membagi, mengurang, dan mengkali. Tetapi
mesin penghitung otomatis pertama dibuat oleh Braise Pascal dari
Perancis pada tahun 1642. Pada awal abad 19 Joseph Marie Jacquard
menumukan punch card pertama yang pada saat itu digunakan pada industri
tekstil. Tahun 1842 Ada Lovelace membuat sebuah set instruksi yang
menjadi pelopor bahasa pemprograman modern, dengan penemuan ini, Ada
dinobatkan menjadi programmer komputer pertama.
Pada
awal abad 20 Herman Hollerith dari Amerika menggunakan ide yang hampir
sama dengan Jacquard, yaitu sebuah mesin yang membuat dan membaca puch
card. Alat ini digunakan pada sensus Amerika dan membuat perhitungan
sensus tersebut menjadi empat kali lebih cepat. Hollerith adalah salah
satu pendiri International Business Machine (IBM). Pada tahun 1930-an,
Howard Aiken mengembangkan Mark I (sebuah komputer penghitung) yang
dibuat oleh IBM. Mark I menggunakan relays dan komponen elektromagnetis
untuk menggantikan komponen mekanis. Howard juga memperkenalkan komputer
pada universitas dengan membuka program ilmu komputer pertama di
Harvard University. Sejarah komputer berikutnya ada pada tifa komputer
besar yang akan mempelopori komputer-komputer selanjutnya. Tiga komputer
itu disebut EDVAC, ENIAC, dan UNIVAC. EDVAC adalah singkatan dari
Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang dibuat oleh John
von Neuman. Komputer ini adalah komputer pertama yang menyimpan
programnya di dalam memori komputer tersebut ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Computer) dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert
Jr, di University of Philadelphia pada tahun 1945. Komputer ini
dinobatkan menjadi digital komputer pertama, tetapi komputer ini
mempunyai masalah yang sangay besar, lebar dari komputer ini adalah 167
m, dan beratnya lebih dari 27.000 kg. Sedangkan UNIVAC ( Universal
Automatic Computer) yang juga dibuat oleh Eckert dan Mauchly, tetapi
kali ini di bawah perusahaan Rand Corporation. Keunggulan dari komputer
ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis industri.
Pada
tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, Walter Houser Brattain, John
Barder dan Wiliam Bradford Shockley mengembangkan transistor yaitu
sebuah alat yang bisa berfungsi sebagai tombol listrik. Setelah
ditemukannya transistor tersebut, maka timbullah intergrated circuits,
yaitu sebuah chip silicon yang berisi transistor-transistor dan
komponen-komponen elektris lainnya yang ditemukan oleh Jack Kilby dan
Robert Noyce. Integrated circuits semakin lama semakin mengecil, dan
akhirnya menjadi microprocessor yang bisa menampung jutaan transistor.
Dengan adanya penemuan ini, maka komputer akhirnya bisa menjadi lebih
kecil dan lebih murah. Komputer kecil ini disebut juga dengan istilah
personal computer (PC). PC pertama adalah Altair 8800 yang diproduksi
oleh Micro Instrumentaiton Telemetry Systems. Altair 8800 menggunakan
prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu yang banyak
memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan $395. Komputer
pertama ini memberikan ide dengan perusahaan lain untuk membuat
aplikasinya, seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Profram for
Micro prosesor) dan versi pertama program bahasa Microsoft Basic
(Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code).
Pada
saat ini, perkembangan sistem operasi canggih seperti Windows, Mac, OS,
dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan program dan
memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya,
semakin lama komputer akan semakin mengalahkan manusia, ini bisa
dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue (sebuah
supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi
catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep
Blue dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus
menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa
dianggap melebihi manusia karena komputer tersebut adalah hasil dari
suatu program yang dibuat oleh manusia untuk menyelesaikan suatu
masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer mempunyai kemampuan untuk
belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Itulah
sedikit gambaran dari masa depan kita.
B. Daftar Pertanyaan
Penulisan karya tulis ini awalnya
bertujuan sebagai rangkuman tentang alasan Apa dan Mengapa memilih
program Studi Teknik Informatika sehigga saya merangkum beberapa
pertanyaan beserta jawabannya dengan menambahkan sejarah dan latar
belakang tentang Komputer dan Teknik Informatika yang diharapkan dapat
bermanfaat bagi saya pribadi khususnya dan bagi semua rekan-rekan yang
menekuni bidang ini pada umumnya.
Beberapa pertanyaan itu diantaranya adalah :
- Apa yang dimaksud dengan informatika?
- Mengapa informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
- Ilmu apa yang menjadi inti dari informatika?
- Jadi inti dari Informatika itu apa?
- Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
- Trus, apa tugas utamanya?
- Apa sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
- Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
- Gimana gambaran untuk bidang pemprograman web?
- Gimana sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
- Dalam informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
- Apa yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
- Apa manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?
BAB II
PEMBAHASAN DAN JAWABAN
Dari daftar pertanyaan pada BAB I
tentang Teknik Informatika maka ditemukan beberapa jawaban yang diambil
dari berbagai sumber diantaranya :
1. Apa yang dimaksud dengan informatika?
Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari komputer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia.
2. Mengapa informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
Karena informatika menggunakan
software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware
(penggunaannya). Untuk memecahkan suatu masalah, maka penggunaannya
dapat difokuskan pada satu, dua, ataupun ketiga faktor yang ada di atas.
Masalah yang dimaksud disini adalah masalah yang apabila dipecahkan
dengan pendekatan informatika akan memudahkan kehidupan manusia.
3. Dari mana asal kata informatika?
Informatika berasal dari dua kata,
yaitu informasi dan matematika. Mengapa infomasi dan matematika? Karena
matematika digunakan untuk mengolah informasi, sehingga infomasi
tersebut berguna untuk manusia.
4. Ilmu apa yang menjadi inti dari informatika?
Inti dari informatika adalah
algoritma. Begitu pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli
algoritma bisa dikatakan sebagai orang yang telah menguasai informatika,
dan sebaliknya bagi orang yang tidak menguasai algoritma berarti belum
bisa dikatakan sudah menguasai informatika. Meskipun algoritma adalah
dasar dari informatika, tetapi untuk mempelajari ilmu selanjutnya,
algoritma akan sangat berperan didalamnya.
5. Jadi inti dari Informatika itu algoritma yah!? Algoritma itu apa sih?
Algoritma ialah suatu prosedur
langkah-langkah logis untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu
jumlah langkah-langkah yang terhingga. Algoritma sering meliputi
pengulangan langkah-langkah dasar operasi yang sama. Contohnya, orang
yang menggunakan telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum tersebut,
maka orang harus mengikuti langkah-langkah seperti ini :
(1) angkat telepon(2) masukkan koin
(3) tekan nomor yang akan dihubungi
(4) bicara
(5) letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.
6. Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
Tanggung jawab dari seorang ahli
informatika adalah memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan
efisien, sehingga dapat menghemat sumber daya.
7. Trus, apa tugas utamanya?
Tugas utamanya adalah membangun sebuah
sistem perangkat lunak maupun perangkat keras yang mampu meningkatkan
kinerja maupun meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Dalam hal ini
disebutkan menimimalisir karena menghilangkan suatu masalah secara
total adalah sesuatu yang mustahil, maka hanya dapat diminimalisir.
8. Apa sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
Setelah menjadi ahli informatika kita
akan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan
menarik untuk dipecahkan. Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak
kantor cabang tentu saja dalam berkomunikasi antar cabang menjadi sangat
sulit apabila antar cabang tersebut tidak saling on-line. Apalagi,
apabila perusahaan tersebut masih paper-based atau segala sesuatunya
dikerjakan dengan menggunakan kertas. Untuk surat-menyurat saja
diperlukan kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu
dan biaya yang besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal ini
dapat dipecahkan dengan membangun jaringan telekomunikasi antar cabang.
Misalnya, berkirim surat tidak harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa
dengan menggunakan email. Demikian pula dengan kondisi masing-masing
kantor cabang akan dapat dimonitor secara terus-menerus dan kontinu.
9. Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
Pemprograman web, sistem informasi, kecerdasan buatan (artificial intellegent), jaringan komputer, dan telekomunikasi.
10. Gimana gambaran untuk bidang pemprograman web?
Bidang ini menitikberatkan pada
pembuatan web dan perawatannya. Biasanya orang yang menguasai atau ahli
dalam pemprograman web disebut dengan web master. Web master mempunyai
tanggung jawab sekaligus hal yang akan dipelajari dalam pemprograman
web, yaitu mendesain sebuah situs yang nyaman dikunjungi, memudahkan
dalam pencarian informasi di dalamnya, dan memberikan manfaat di
dalamnya.
11. Gimana sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
Bidang ini menitikberatkan pada
pembuatan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna
sekaligus meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kinerja pengguna pada
tingkatan individual dan perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi.
Sistem informasi yang berbasis komputer mempunyai tugas menggantikan
perkejaan yang apabila dilakukan secara manual dapat memakan waktu yang
lama dan mempunyai tingkat kesalahan yang tinggi. Sistem informasi juga
digunakan untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya masih
berbasis pena dan kertas agar dapat menghemat tempat penyimpanan
sekaligus biaya yang akan dikeluarkan dapat ditekan seminimal mungkin.
Orang yang ahli dalam sistem informasi disebut sistem analisis.
12. Dalam informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
Kecerdasaan buatan pada intinya adalah
mengembangkan suatu komputer, sehingga dapat berpikir dan memecahkan
masalah sesuai dengan pikiran manusia. Kecerdasaan buatan lebih mengarah
pada riset pendidikan karena berkutat pada tataran teoritis dan mungkin
masih mahal untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya,
pembuatan sebuah komputer berukuran mikro yang dapat dimasukkan ke dalam
tubuh manusia.
13. Apa yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
Jaringan komputer dan telekomunikasi
itu menekankan pada keamanan jaringan komputer dan juga telekomunikasi
antar jaringan komputer.
14. Apa manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?
Dengan mempelajarinya kamu diharapkan
dapat membangun jaringan antar komputer, sehingga memudahkan komunikasi
antarpengguna sekaligus mengamankan jaringan tersebut agar tidak bisa
dimasuki oleh orang yang tidak berwenang.
BAB III
KARIR DAN DUNIA NYATA
Lima belas tahun yang lalu, belum
banyak orang yang menggunakan komputer. Sekarang komputer tidak bisa
dilepaskan dari kegiatan kita sehari-hari. Di negara maju, komputer
sangat vital bagi kehidupan mereka. Di Indonesia sendiri, komputer belum
sampai pada tahap vital tersebut, Tetapi, dengan arus globalisasi yang
merayap ke berbagai segi kehidupan kita, maka dapat dipastikan
penggunaan komputer akan semakin berkembang di negara kita. Jadi akan
dibutuhkan ahli-ahli komputer yang banyak untuk mendukung semakin
berkembangnya penggunaan komputer di negara kita.
1. Programmer
Pekerjaan dari Programmer adalah
membuat program komputer. Sebagai programmer kamu bisa bekerja di bawah
suatu perusahaan, sehingga kamu diharapkan untuk membuat program
komputer bagi perusahaan tersebut atau kamu bisa membuat perusahaan
software sendiri untuk dijual ke orang yang membutuhkannya. Karena orang
yang mampu membuat program masih sedikit, kesempatan untuk bekerja dan
memperoleh pendapatan yang besar sangat terbuka.
2. Sistem Analis
Seorang Sistem Analis bertanggungjawab
untuk mengkoordinasikan programmer-programmer dan memelihara sistem
yang digunakan oleh perusahaan. Contoh dari sitem perusahaan adalah LAN
(Local Area Network atau sistem on-line sebuah bank. Tanggung jawab
seorang sistem analis lumayan besar karena apabila sistem yang digunakan
oleh suatu perusahaan dowb, maka hal tersbut dapat merugikan perusahaan
dan pelanggannya. Contohnya adalah online sebuah ATM Bank, apabila ATM
tersebut down, maka hal tersebut bisa mengecewakan orang yang akan
menggunakaannya untuk mengambil uang, sekaligus merugikan perusahaan
tersebut.
Apakah kamu mempunyai situs favorit?
Mengapa kamu suka situs itu? Apakah karena tampilannya bagus dan tidak
membosankan? Kalau iya, berarti web designer dari situs tersebut patut
diacungi jempol. Memang tugas ari seorang web designer adalah untuk
membuat desain atau tampilan dari sebuah situs. Tampilan dari sebuah
situs adalah fist impression dari situs tersebut. Apabila warna, gambar,
atau letaknya tidak menarik, maka bisa-bisa kita tidak mau masuk situs
itu lagi, walaupun sebetulnya isi dari situs itu bagus. Saat ini, web
designer diharapakan tidak hanya merancang tampilan web yang bagus,
tetapi juga mampu mengintegrasikan database di dalam website yang
dibuatnya.
4. Bidang Lainnya
Sebagai lulusan teknik informatika,
maka kamu juga bisa berkerja di perusahaan-perusahaan jasa
telekomunikasi, perbankan, informasi, dan lain-lain. Selain berkerja di
perusahaan, kamu bisa bekerja di Bursa Efek dan BPPT misalnya, atau kamu
bisa menjadi konsultan atau dosen.
Yang Perlu diketahui
Perbedaan Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika
Pada dasarnya, tidak ada perbedaan
yang signifikan antara Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik
Informatika. Keduanya sama-sama mempelajari dasar-dasar dan fundamental
dari perilaku komputer sampai ke taraf penerapannya dalam bentuk
berbagai aplikasi. Kalaupun ada perbedaan, mungkin lebih kepada
referensi yang diambil oleh fakultas atau jurusan tersebut. Ilmu
Komputer sangat populer di Amerika dan Inggris. Sedangkan Eropa pada
umumnya menggunakan istilah Informatics dan bukan Ilmu Komputer.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dewasa ini globalisasi informasi
mengalami perkembangan pesat dan telah merambah ke berbagai aspek
kehidupan manusia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang
tidak hanya menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi,
melainkan juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di
berbagai bidang.
Teknik
informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer,
yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang
secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta
simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi
komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika
untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga
dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih
berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah
menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.
B. Saran
Seiring dengan perkembangan teknologi
komputer yang sangat cepat, maka saya mengharapkan program pendidikan
pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan
keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan
untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan
piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping
itu, saya mengharap lulus dengan memiliki kemampuan untuk merencanakan
suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan
teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar